Monday, September 19, 2016

Kiblat - di Bumi Bulat vs Bumi Datar

Semakin hari mengamati perdebatan topik ini semakin menggiring pemikiran saya pribadi sebenarnya bentuk bumi yang benar itu yang mana sih. Jika saya pribadi saya sudah menentukan pilihan. Namun di dalam artikel ini saya akan sajikan data secara netral, nanti setelah baca tulisan saya ini silahkan nilai sendiri mana yang masuk akal menurut Anda.

Baik, karena topik yang saya angkat kali ini tentang kiblat maka saya cek dulu arah kiblat suatu negara secara acak sebenarnya tidak acak-acak banget saya pilih negara yang mudah dilihat yakni Canada. Kemudian saya cek arah kiblat dari negara tersebut secara Online yakni menggunakan web halaltrip dot com. Untuk web tersebut saya google secara acak, anda bisa melakukan cek kiblat selain di web tersebut.

Setelah buka web tersebut, saya mulai mengetikkan Canada pada kiblat locatornya. Dan wow hasilnya seperti ini:



Perhatikan hasilnya, terlihat di sisi kanan arah kiblat sekitar 30 derajad dari arah Utara. Namun perhatikan pada peta, kok melengkung ke bawah??? Kenapa nggak di tarik langsung ke arah Tenggara??? Atau sekitar 120 derajat dari Utara. Saya tidak akan memberikan judgmen. Silahkan renungkan sendiri.

Oya, itukan peta bagaimana dengan GLOBE??? Ok saya pasang foto Globe sebagai berikut.


Coba pikir jika anda Canada ada 4 cara agar anda bisa menghadap kiblat. Yakni ke arah atas, bawah, kanan, dan kiri. Namun pertanyaannya kenapa yang digunakan cuman 1 arah saja??? Mungkin ada yang beranggapan oh cari jarak terdekat. OK, jika niatnya menghadap ke Kiblat (Ka'bah) kenapa ragu memilih arah yang lain?? Dan banyak hal yang aneh dari model ini.

Sekarang kita bandingkan dengan model bentu Bumi Datar. Dan hasilnya:


Hasilnya nyaris tepat dan tidak ada jalan lain untuk menuju Ka'bah. Ke kanan, kiri, dan bawah tidak ada Ka'bah. Karena dari empat penjuru angin menghasilkan hanya satu lokasi tepat dan itupun sesuai dengan angka yang ditunjuk kiblat locator yakni sekitar 30 derajat dari arah utara maka bentuk ini adalah bentuk yang tidak ada keraguan dalam sholat untuk arah kiblat.

Dari kedua bentuk bumi tersebut, terserah pembaca ingin mengakui yang mana sebagai sebuah kebenaran. Apakah bentuk bumi Bulat tau bentuk Bumi Datar. Saran saya pribadi renungkanlah, baca kembali keterangan dalam Qur'an - Hadist.


Abdul Rosid.







2 comments: