Monday, September 12, 2016

FOTO NASA Asli Apa ASPAL (CGI)?

Berikut ini penjelasan mengenai foto yang dipublish nasa dalam situs resminya.

Sebelum saya menjelaskan secara rinci asli atau tidaknya foto Nasa saya perlu membekali pemahaman Anda dalam meneliti keaslian sebuah foto atau foto itu diambil secara alami tanpa melalui proses editing. Nah dalam case ini saya tidak membahas secara detail tapi hanya poin sinar matahari saja dan pixelisasi. Namun jika anda berminat belajar lebih jauh bisa anda perdalam sendiri kemudian lakukan percobaan (penelitian) pada foto2 NASA.

Dan teknik saya dalam mengecek keaslian foto tertutama terkait 2 point di atas saya mengubah Hue/Saturation dari foto tersebut, sehingga jika foto tersebut diambil secara alami maka

1. Pixelisasi warna akan tampak smooth.
2. Jika matahari akan berubah warna ABU-ABU, sedang sinar yang memancar dari sinar matahari langsung berwarna BIRU, kemudian background yang memungkinkan terkena efek sinar matahari akan berubah warna ORANGE.

Mari kita mulai dari foto alami yang saya jepret sendiri di lingkungan saya:








Dari ketiga foto tersebut 2 teratas adalah jepretan saya sendiri sedang yang terakhir (yang ke tiga) adalah foto yang saya search dari internet (sebagai pembanding) ternyata ketiganya menunjukkan perubahan warna yang sama. Anda bisa melakukan sendiri di rumah, bereksperimen sendiri dan cek foto-foto di internet dengan teknik yang sama. Tentu bagi anda yang sudah master di bidang editing foto ane ga komentarlah sama suhu dan mastah sekalian.

Oya hampir lupa, perhatikan pixelisasi dari perubahan warna tersebut, begitu SMOOOOTH. Perhatikan peralihan warna dari daun dengan sinar matahari dan warna background pada gambar 1 dan 2, perubahan warna orange kemerah2an, biru, dan gelap tampak sempurna. Begitupula untuk nomer 3, nyaris menyatu antara warna awan-sinar matahari-kota. Pixelisasi dari ketiganya sangat smooth. Itulah beberapa foto asli yang apabila kita berikan treatment tersebut berubahannya demikian.

Sekarang mari kita berpindah pada gambar CGI.

1. Menurut anda apakah semua gambar pada foto ini asli? Perhatikan dengan seksama, jika anda teliti tentu anda bisa menangkap keganjilan dari foto ini.



Nah setelah diberikan treatmen yang sama baru ketahuan.



Pehatikan warna matahari, kok biru??? Perhatikan sinar yang memancar di sekililing matahari, kok warna HIJAU dan KUNING?? Perhatikan background, kok sama semua??? Seharus ada warna orange untuk case foto seperti itu.

2. Sekarang foto yang katanya ASLI



Setelah proses ceking...



Wow luar biasa acak-acakan komposisi warnanya. Pixelisasi tampak semrawut degradasi warna yang tidak semestinya mucul malah muncul yakni warna HIJAU. Biar enak coba saya jelaskan dengan penomoran berikut.

 

Poin 1: Matahari yang digunakan adalah matahari asli

Poin 2: Meski Matahari yang digunakan asli, di sana ada proses MASKing Sinar Matahari PALSU. Sehingga yang terjadi, seharusnya sinar tersebut berwarna biru untuk sinar yang mengelilingi matahari namun pada gambar tersebut berwarna acak2an (biru, orange, hijau)

Poin 3 : Untuk ukuran pemotretan sinar matahari langsung saya meragukan muncul warna hijau seperti poin 3, anda bisa lakukan sendiri dan cek sendiri apakah mungkin muncul warna HIJAU. Ingat memotret langsung ke arah MATAHARI.

Point 4 : Ada proses penambahan new layer pada foto tersebtu terutama terkait benda yang namanya satelit. Perhatikan Arah sinarnya dari mana? Kok bagian lambung itu berwarna biru sendiri sedang warna lambung lainnya orange, hal ini mengindikasikan pada saat pemotretan si  satelit terkena secercah sinar matahari di dalam ruangan tersebut dari arah berlawanan dari gambar matahari di foto. Sehingga dibisa diduga, Pada posisi Matahari adalah lampu sorot yang begitu kuat ditembakkan dari depan kemudian tanpa disadari objek  satelit juga terkena sedikit sinar matahari asli sehingga menimbulkan efek tersebut.

Poin 5 : Bagian ini diduga bagian gambar yang "ditempel" begitu saja dimana di saat dipotret dan "ditempel" menghasilkan perubahan warna yang berbeda.

Terakhir, foto Bumi bisa jadi Asli tapi dipotret secara terpisah dengan efek FISH EYE LENS. Sehingga jika semuanya disatukan memang tampak sempurna. Tapi ingat, KEJAHATAN TIDAK pernah terjadi secara SEMPURNA.

Selanjutnya terserah Anda untuk memberikan penilaian. Jika anda kurang puas dari penjelasan yang saya sampaikan, anda bisa lakukan ceking sendiri. Dengan melakukan kompare foto ASLI dengan foto ASPAL (CGI).


@R.






No comments:

Post a Comment