Sunday, September 25, 2016

Keganjilan Fase Bulan pada Konsep Bumi Bulat


Bermula dari berbagai ayat dalam Al Qur'an yang menyatakan Bulan dikatakan sebagai cahaya dan Matahari sebagai Pelita. Kedua benda ini sering disebut seolah memiliki cahaya terpisah (sendiri2) kadang disebut secara bersamaaan. Saya merasa penasaran untuk melakukan pengamatan.

Dari berbagai pengamatan (sendiri) dan temuan orang2 (FET), memang ada yang aneh dengan Bulan jika disebut sebagai pantulan. Ada banyak hal yang muncul yang semestinya tidak terjadi tapi malah dalam kehidupan Nyata malah terjadi,

Coba perhatikan fase bulan sebulan penuh di bawah ini:


Jika dilihat sepintas tampak wajar dan ga ada yang aneh. Namun jika anda perhatikan kesemua fase itu tampak keganjilannya jika anda mengamati langsung di lapangan. Keganjilan-keganjilan tersebut bisa saya jelaskan sebagai berikut:

Berdasar teori fase bulan adalah sebagai berikut:


Berdasar skema di atas berarti cahaya Matahari berada di sebelah kanan. Keganjilan yang muncul adalah
1a. Fase bulan baru sampai sabit hanya terjadi pada siang hari, sedang malam fase bulan cembung hingga purnama terjadi hanya pada malam hari. Tapi kenapa kenyataannya tidak demikian?
1b. Kenapa fase bulan cembung mendekati sempurna bisa terlihat di siang hari dan juga sabit bisa terlihat di malam hari.

2. Kembali kepada kalender, perhatikan fase bulan sebelum purnama dan setelah purnama. Terjadi INVERT, misal sabit sebelum purnama cekung ke kanan namun setelah purnama cekung kekiri. Seharusnya jika sumber cahanya sama dari arah kanan, maka fase bulan tersebut sesuai skema di atas TIDAK terjadi INVERT.

3. Jika Bumi itu bulat dan Bulan bergerak mengelilingi Matahari serta Bulan mendapatkan sinarnya dari Matahari maka dalam 1 hari manusia di seluruh penjuru dunia akan melihat penampakan fase bulan yang berbeda-beda, karena posisi masing-masing orang menyebabkan perbedaan sudut pandang sehingga menyebabkan perbedaan tersebut.

4. Jika benar Bulan mendapatkan sinarnya dari Matahari, mengapa fase bulan terjadi seperti ini?


5. Ukuran bulan ketika purnama selalu tampak lebih besar dari fase2 yang lain, ini ANEH. Jika orbit Bulan teratur, kenapa ada perbedaan ukuran khusus ketika PURNAMA?

Dari sekian banyak keganjilan saya pribadi meragukan konsep yang selama ini dipelajari di bangku sekolah adalah benar. Pertanyaannya "Apakah saya juga melakukan pemBODOHan kepada generasi berikutnya?"

Saya jawab: TIDAK AKAN.
Untuk konsep fase bulan di Bumi datar akan saya sajikan di lain waktu. Karena penulis sudah mulai ngantuk hehehe




1 comment:

  1. Bumi itu mengelilingi matahari , sedangkan bulan mengelilingi bumi.

    ReplyDelete